Kenapa Hasil Video di Vegas Saat di WA Blur dan Cara Mengatasinya

Nicko Yusu

Jika Anda pernah mengalami hasil video yang jernih di Vegas, tetapi menjadi blur ketika dikirimkan melalui WhatsApp (WA), maka Anda tidak sendirian. Banyak orang mengalami masalah yang sama saat mengirim video dari program editing ke aplikasi media sosial, seperti WA.

Namun, mengapa hasil video yang dihasilkan di Vegas menjadi blur ketika dikirimkan melalui WhatsApp? Dan, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya?

Poin Utama

Berikut adalah poin-poin utama yang akan dibahas dalam artikel ini:

  • Format kompresi WA
  • Render video dengan format yang tepat
  • Membatasi ukuran video
  • Mengubah resolusi video

Mengapa Hasil Video di Vegas Saat di WA Blur?

Sebelum kita membahas cara mengatasinya, kita harus memahami mengapa hasil video di Vegas menjadi blur ketika di WA.

Video yang dihasilkan di Vegas memiliki kualitas yang sangat tinggi dengan detail yang jelas dan tajam. Namun, ketika video dikompresi dalam format yang diizinkan oleh WA, maka kualitas video dapat berkurang. WA memiliki fitur kompresi video otomatis untuk mempercepat proses pengiriman video.

Kompresi ini berarti bahwa video dikompresi ke ukuran yang lebih kecil dan kualitasnya dikompromikan sedikit atau bahkan banyak tergantung pada format video dan ukuran file-nya. Kompresi ini tidak dapat dihindari karena mempercepat waktu pengiriman dan menghemat ruang penyimpanan di WA. Kompresi video WA biasanya tidak cocok dengan format video yang dihasilkan dari Vegas, sehingga dalam banyak kasus, kompresi video WA menghasilkan hasil video yang buram atau blur.

BACA JUGA  Bagaimana Melihat Fitur "Aktif Terakhir" di WhatsApp Tanpa Pesan Terkirim

Cara Mengatasi Hasil Video di Vegas Saat di WA Blur

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi hasil video di Vegas yang menjadi blur ketika di WA:

Render Video dengan Format yang Tepat

Render video dengan format yang sesuai dengan format yang disediakan oleh WA. Dalam hal ini, format terbaik yang dapat digunakan adalah format video MP4. Video MP4 adalah format video yang didukung oleh WA.

Membatasi Ukuran Video

Membatasi ukuran video juga merupakan salah satu cara untuk menghindari video yang buram ketika di-WA. WA memiliki batas ukuran file yang diizinkan sebesar 16 MB. Oleh karena itu, pastikan untuk membatasi video hingga ukuran file yang diterima oleh WA.

Mengubah Resolusi Video

Salah satu cara untuk menghindari video yang buram ketika di WA adalah dengan mengubah resolusi video. Resolusi video dapat diubah dengan mengurangi resolusinya atau meningkatkannya sesuai dengan format yang disediakan oleh WA.

Kesimpulan

Dalam banyak kasus, hasil video yang dihasilkan di Vegas menjadi buram atau blur ketika dikirimkan melalui WA karena format kompresi WA yang tidak cocok dengan format video yang dihasilkan di Vegas. Namun, dengan merender video dengan format yang tepat, membatasi ukuran video, dan mengubah resolusi video, Anda dapat menghindari masalah tersebut dan mengirimkan video yang jernih melalui WA.

FAQ

Apakah ada fitur kompresi yang dapat lebih sesuai?

Anda dapat menggunakan aplikasi yang disebut Handbrake untuk mengkonversi video Anda ke format yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi media sosial seperti WA.

Apa yang harus saya lakukan jika setelah mengikuti langkah-langkah di atas, hasil video tetap buram ketika dikirim?

Hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk koneksi internet yang buruk. Coba kirim video pada waktu yang berbeda atau menggunakan koneksi internet yang lebih baik.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Nicko Yusu

Nicko Yusu adalah penulis dan penggemar teknologi yang menulis tentang berbagai perangkat dan teknologi terbaru, dan membantu pembaca memahami pengaruh teknologi pada hidup mereka melalui pandangan dan pengalaman pribadinya.

Tinggalkan komentar