Kenapa di WhatsApp Orang Kita Ga Keliatan Centang? Mungkin Ini Alasannya!

Septiadi Andrianto

Apakah Anda pernah mengalami situasi di mana Anda mengirim pesan di WhatsApp, tapi tidak melihat centang ganda yang menandakan bahwa pesan tersebut sudah dibaca oleh penerima? Hal ini mungkin membuat kita bertanya-tanya: kenapa di WhatsApp orang kita ga keliatan centang?

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang arti checkmark di WhatsApp, mengapa kadang-kadang centang ganda tidak muncul, dan apa yang dapat kita lakukan jika pesan tidak terkirim dengan benar.

Apa Arti Checkmark di WhatsApp?

Checkmark di WhatsApp mengacu pada tanda centang yang muncul di bawah setiap pesan yang kita kirim. Ada tiga jenis checkmark yang dapat kita temukan di WhatsApp:

  1. Satu centang abu-abu: Pesan telah terkirim dari ponsel pengirim, tetapi belum sampai ke server WhatsApp.
  2. Dua centang abu-abu: Pesan telah sampai ke server WhatsApp, tetapi belum sampai ke ponsel penerima.
  3. Dua centang hijau: Pesan telah terkirim dan diterima oleh penerima.

Dengan mengetahui arti dari setiap jenis centang, kita dapat dengan mudah memahami apakah pesan kita sudah terkirim atau belum.

Mengapa Kadang-Kadang Centang Ganda Tidak Muncul?

Ada beberapa alasan mengapa kadang-kadang centang ganda tidak muncul di WhatsApp saat kita mengirim pesan:

1. Penerima Tidak Terhubung ke Internet

WhatsApp membutuhkan koneksi internet untuk mengirim dan menerima pesan. Jika penerima tidak terhubung ke internet, maka pesan akan tetap dikirim, tetapi tidak akan memiliki centang ganda. Centang ganda hanya akan muncul ketika pesan telah sampai ke server WhatsApp dan diterima oleh penerima.

BACA JUGA  Inovasi Terkini di WhatsApp dan Video

2. Penerima Menonaktifkan Fitur Read Receipts

Fitur Read Receipts memungkinkan pengguna WhatsApp untuk melihat apakah pesan yang mereka kirim telah dibaca oleh penerima. Namun, beberapa pengguna mungkin memilih untuk menonaktifkan fitur ini demi privasi mereka. Jika penerima telah menonaktifkan fitur Read Receipts, maka Anda tidak akan melihat centang ganda meskipun pesan telah dibaca.

3. Server WhatsApp Sedang Bermasalah

Kadang-kadang masalah teknis di server WhatsApp dapat mengakibatkan pesan yang dikirim tidak memiliki centang ganda, meskipun pesan tersebut sebenarnya sudah terkirim dan diterima oleh penerima. Ini adalah masalah yang cukup umum dan biasanya akan teratasi dengan sendirinya setelah beberapa saat.

4. Penerima Menggunakan Aplikasi WhatsApp yang Berbeda

Beberapa aplikasi WhatsApp yang dibuat oleh pihak ketiga mungkin tidak menampilkan centang ganda pada pesan yang telah dibaca. Ini terjadi karena aplikasi WhatsApp yang dibuat oleh pihak ketiga tidak memiliki akses penuh ke API WhatsApp, sehingga tidak dapat menampilkan semua fitur dengan benar.

5. Penerima Memblokir Nomor Anda

Jika penerima telah memblokir nomor Anda di WhatsApp, maka pesan yang Anda kirim tidak akan terkirim dan tidak akan memiliki centang ganda, bahkan jika Anda melihat centang ganda di ponsel Anda. Hal ini biasanya terjadi ketika penerima tidak ingin menerima pesan dari Anda atau ingin menghindari interaksi dengan Anda.

Apa yang Bisa Kita Lakukan Jika Terjadi Masalah dengan Centang di WhatsApp?

Jika Anda mengalami masalah dengan centang di WhatsApp, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Pastikan bahwa penerima telah terhubung ke internet dan memiliki akun WhatsApp yang masih aktif. Jika penerima tidak terhubung ke internet atau telah menghapus akun WhatsApp mereka, maka pesan Anda tidak akan terkirim dan tidak akan memiliki centang ganda.
  2. Coba kirim pesan lagi setelah beberapa saat. Jika masalahnya adalah masalah teknis di server WhatsApp, kadang-kadang sekadar menunggu beberapa saat akan memperbaiki masalah tersebut.
  3. Periksa pengaturan privasi penerima di WhatsApp. Jika penerima memiliki fitur Read Receipts nonaktif, maka Anda tidak akan melihat centang ganda pada pesan Anda. Anda dapat meminta penerima untuk mengaktifkan kembali fitur Read Receipts jika Anda ingin melihat kapan pesan Anda dibaca.
  4. Jika Anda mencurigai bahwa penerima telah memblokir nomor Anda di WhatsApp, coba hubungi mereka melalui platform lain atau melalui nomor telepon yang berbeda.
  5. Jika masalahnya tidak dapat diatasi, coba hubungi tim dukungan WhatsApp untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.
BACA JUGA  Kenapa Pesan Broadcast WhatsApp Tidak Terkirim: Penyebab dan Solusinya

Kesimpulan

Sekarang kita tahu beberapa alasan mengapa kadang-kadang centang ganda tidak muncul di WhatsApp ketika kita mengirim pesan. Oleh karena itu, diharapkan kita tidak perlu khawatir ketika pesan yang kita kirim tidak memiliki centang ganda. Sebagai gantinya, kita dapat mencoba solusi yang telah disarankan di atas jika terjadi masalah dengan centang di WhatsApp.

Baru-baru ini WhatsApp juga mengeluarkan fitur ‘View once’ dimana pesan yang dikirim hanya dapat dilihat sekali oleh pengguna, dan pesan tersebut akan hilang secara otomatis setelah dilihat. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengirim pesan yang sangat rahasia, seperti nomor PIN ATM atau kode rahasia lainnya, karena mereka tidak akan tetap terlihat begitu saja di dalam chat history.

Selamat mencoba!

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar