Cara Tidak Kelihatan Sedang Online di WhatsApp

Septiadi Andrianto

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia. Namun, ada saat-saat ketika Anda ingin tetap terhubung dengan teman dan keluarga tanpa harus terus-menerus merespons pesan yang masuk. Tidak selalu Anda ingin menunjukkan status "online" di WhatsApp, entah itu karena ingin memiliki privasi atau hanya sekedar ingin tidak terganggu. Berikut ini adalah beberapa cara untuk tetap menggunakan WhatsApp tanpa terlihat sedang online.

Cara Tidak Kelihatan Online di WhatsApp

1. Matikan Notifikasi

Cara termudah untuk tidak kelihatan online di WhatsApp adalah dengan mematikan notifikasi pada ponsel Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengaktifkan opsi "Do Not Disturb" atau "Silent Mode" pada ponsel Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan menerima notifikasi ketika ada pesan yang masuk ke dalam aplikasi WhatsApp.

2. Gunakan Mode Pesawat

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengaktifkan mode pesawat pada ponsel Anda. Ketika mode pesawat diaktifkan, sinyal seluler dan Wi-Fi akan dimatikan, sehingga tidak akan ada notifikasi atau pesan masuk yang Anda terima. Anda bisa membuka WhatsApp tanpa terlihat sedang online di aplikasi tersebut.

3. Nonaktifkan Koneksi Internet

Cara lain adalah mematikan koneksi internet pada ponsel Anda ketika menggunakan WhatsApp. Anda bisa menonaktifkan Wi-Fi dan menggunakan mode jaringan "Airplane" untuk mematikan jaringan seluler. Dengan begitu, WhatsApp akan tetap terbuka namun tidak akan terhubung ke internet, sehingga status "online" tidak akan muncul pada profil Anda.

BACA JUGA  Panduan Lengkap: Cara Meupload Status WA di PC

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Metode lain yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti "WhatsApp Ghost". Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuka dan menggunakan WhatsApp tanpa terlihat sedang online. Fitur ini dapat membantu Anda menyembunyikan status online di WhatsApp, namun pastikan untuk mengunduh aplikasi tersebut dari sumber yang aman.

5. Aktifkan Privasi pada WhatsApp

Fitur terbaru pada WhatsApp adalah privasi "Last Seen" yang memungkinkan Anda untuk menyembunyikan informasi kapan Anda terakhir kali online. Anda juga dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat informasi ini pada profil Anda. Anda bisa menonaktifkan informasi "Last Seen" atau mengatur siapa saja yang dapat melihat status tersebut pada menu "Settings" > "Account" > "Privacy".

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tidak kelihatan sedang online di WhatsApp. Agar lebih aman dan lebih efektif, sebaiknya gunakan cara nomor 5 dengan mengaktifkan fitur privasi pada WhatsApp. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan update terbaru pada aplikasi untuk mendapatkan fitur privasi yang lebih baik.

FAQ

Apakah akan ada notifikasi ketika saya menonaktifkan koneksi internet?

Tidak, jika Anda menonaktifkan koneksi internet atau menggunakan mode pesawat, tidak akan ada notifikasi yang masuk pada akun WhatsApp Anda. Namun, pastikan untuk kembali mengaktifkan koneksi internet atau mode pesawat segera setelah Anda selesai menggunakan aplikasi.

Bisakah saya membuka dan menggunakan WhatsApp tanpa terlihat terakhir kali online?

Ya, Anda bisa menggunakan fitur privasi pada WhatsApp dengan menonaktifkan informasi "Last Seen" atau menentukan siapa saja yang dapat melihat status tersebut pada menu "Settings" > "Account" > "Privacy". Namun, hal ini juga berarti bahwa Anda tidak dapat melihat kapan kontak Anda terakhir kali online.

BACA JUGA  Mengapa Pesan di Grup WhatsApp Hanya Bertanda Ceklis Satu?

Apa yang harus saya lakukan jika ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti "WhatsApp Ghost"?

Sebaiknya unduh aplikasi tersebut dari sumber aman dan pastikan untuk memeriksa ulasan serta rating pengguna sebelum menginstal. Anda juga harus memeriksa izin yang diminta oleh aplikasi tersebut dan memperbarui perangkat ke versi terbaru untuk melindungi dari kerentanan pada sistem operasi.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar