Berapa MB Bisa Video Dikirim Lewat WA

Ardiyansah Purnomo

WhatsApp atau WA, aplikasi messaging yang sangat populer di Indonesia, memungkinkan pengguna mengirim video bersama pesan. Meskipun ukuran maksimal file video yang diizinkan cukup besar, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi ukuran file video yang dapat dikirim melalui aplikasi ini.

Poin Utama

  • WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mengirim video hingga ukuran 16 MB untuk iOS dan 64 MB untuk Android.
  • Tipe dan resolusi video, dapat memengaruhi ukuran file video yang dapat dikirim melalui WhatsApp.
  • Ada beberapa tips untuk mengirim video dengan ukuran yang lebih kecil melalui WhatsApp, seperti mengubah resolusi video atau menggunakan aplikasi video converter.
  • Waktu pengiriman video juga dapat memengaruhi ukuran file video yang dikirim melalui WhatsApp.

Ukuran Maksimal File Video dalam WhatsApp

Untuk pengguna di iOS, ukuran maksimal file video yang dapat dikirim melalui WhatsApp adalah 16 MB. Sedangkan untuk Android, pengguna bisa mengirim file video berukuran maksimum 64 MB. Namun, ini dapat berbeda tergantung pada versi WhatsApp, dan bisa berubah seiring berjalannya waktu.

Tipe dan Resolusi Video

Tipe dan resolusi video juga dapat mempengaruhi ukuran file video yang dapat dikirim melalui WhatsApp. Format video modern seperti H.264, HEVC memungkinkan file video lebih kecil dengan kualitas visual yang tetap memuaskan dibandingkan dengan format video klasik seperti MPEG-4 Part 2.

Selain itu, resolusi video juga dapat memengaruhi ukuran file video. Semakin tinggi resolusi video, semakin besar ukuran file video yang dihasilkan. Mengubah resolusi video menjadi lebih rendah dapat membantu memperkecil ukuran file video.

BACA JUGA  Cara Mudah Melihat dan Mengganti Password WhatsApp Anda

Tips Mengirim Video yang lebih Kecil

Ada beberapa tips untuk mengirim video dengan ukuran yang lebih kecil melalui WhatsApp. Pertama, mengubah resolusi video menjadi resolusi yang lebih rendah dapat memperkecil ukuran file video. Pengurangan resolusi tidak akan memengaruhi kualitas video secara signifikan jika melakukan dengan hati-hati dan dengan memperhatikan rasio aspek yang tepat.

Kedua, menggunakan aplikasi video converter dapat membantu mengonversi video ke format dan resolusi yang lebih baik untuk WhatsApp. Ini akan membuat ukuran file video lebih kecil tanpa memengaruhi kualitas video secara signifikan.

Waktu Pengiriman Video

Waktu pengiriman video juga dapat memengaruhi ukuran file video yang dikirim melalui WhatsApp. Jika pengguna mengirim video dalam waktu padat, seperti saat waktu sibuk di pagi atau sore hari ketika banyak orang menggunakan jaringan data, sinyal mungkin menjadi lebih lambat.

Dalam situasi seperti ini, WhatsApp akan mengompres file video lebih banyak untuk memastikan bahwa video dapat diterima saat itu juga. Hal ini akan menyebabkan kualitas video menurun dan ukuran file video menjadi lebih kecil.

Kesimpulan

WhatsApp memungkinkan pengguna mengirim video hingga ukuran maksimal yang diizinkan berbeda antara Android dan iOS versi terbaru. Tipe dan resolusi video juga dapat memengaruhi ukuran file video yang dapat dikirim melalui WhatsApp. Namun, dengan menggunakan tips mengirim video yang lebih kecil dan memperhatikan waktu pengiriman, kita dapat mengirim video sekecil mungkin tanpa memengaruhi kualitas video terlalu banyak.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar