Bagaimana Cara Tau Aktivitas Orang Lain di WA

Septiadi Andrianto

Bagi sebagian orang, memantau aktivitas orang lain di WhatsApp adalah hal yang biasa dilakukan. Hal ini bisa dilakukan untuk berbagai alasan, seperti untuk mengontrol anak-anak yang masih di bawah umur, mengawasi pasangan yang dicurigai selingkuh, atau memantau karyawan yang tidak disiplin.

Namun, memantau aktivitas orang lain di WhatsApp juga bisa menjadi masalah jika dilakukan tanpa izin atau alasan yang jelas. Apalagi jika informasi pribadi atau rahasia orang lain terbongkar karena aktivitas tersebut. Oleh karena itu, jika Anda ingin memantau aktivitas orang lain di WhatsApp, pastikan Anda memiliki alasan yang jelas dan mendapat izin dari orang yang bersangkutan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk memantau aktivitas orang lain di WhatsApp:

1. Menggunakan Aplikasi Pemantau WhatsApp

Ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memantau aktivitas orang lain di WhatsApp, seperti mSpy, FlexiSPY, atau Hoverwatch. Aplikasi-aplikasi tersebut biasanya berbayar dan membutuhkan akses fisik ke ponsel orang yang ingin Anda pantau.

Aplikasi-aplikasi tersebut dapat memberikan informasi tentang pembicaraan, pesan teks, foto, video, dan panggilan suara yang dilakukan orang yang ingin Anda pantau. Namun, pastikan aplikasi yang Anda gunakan adalah legal dan Anda memiliki hak untuk menggunakannya.

2. Melihat Info "Last Seen" dan "Online"

Fitur "Last Seen" dan "Online" di WhatsApp dapat memberikan informasi tentang kapan seseorang terakhir kali membuka WhatsApp atau sedang online. Namun, fitur ini dapat disembunyikan oleh orang yang ingin Anda pantau.

BACA JUGA  Mengapa Lokasi WhatsApp Saya Terbuka di Uber?

Jika Anda ingin melihat info "Last Seen" dan "Online" seseorang, buka chat dengan orang tersebut. Scroll ke atas sampai ke bagian info kontak. Di sana, Anda akan melihat info tentang kapan orang tersebut terakhir kali membuka WhatsApp atau sedang online.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa orang bisa saja mematikan fitur ini atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat menyembunyikan info tersebut.

3. Melihat Status

WhatsApp juga memiliki fitur "Status" yang dapat digunakan untuk berbagi foto atau video yang hanya dapat dilihat selama 24 jam. Jika Anda ingin melihat status seseorang, buka tab "Status" di aplikasi WhatsApp.

Di sana, Anda akan melihat status yang diposting oleh orang yang Anda ingin Anda pantau. Namun, Anda tidak akan bisa melihat status seseorang jika status tersebut hanya dibagikan kepada kontak terbatas.

4. Mengaktifkan Pemberitahuan "Suara" atau "Getar"

Jika Anda ingin tahu kapan seseorang mengirim pesan teks atau membuat panggilan suara di WhatsApp, Anda bisa mengaktifkan pemberitahuan "Suara" atau "Getar" untuk chat dengan orang tersebut.

Untuk mengaktifkan pemberitahuan tersebut, buka chat dengan orang tersebut, lalu tekan tombol titik tiga di pojok kanan atas layar. Pilih opsi "Pemberitahuan Suara" atau "Pemberitahuan Getar".

Namun, perlu diingat bahwa pengaturan pemberitahuan ini juga dapat diubah oleh orang yang ingin Anda pantau, sehingga Anda mungkin tidak akan mendapatkan pemberitahuan jika orang tersebut mematikan pemberitahuan di aplikasi WhatsApp.

5. Melakukan Panggilan Video atau Audio

Jika Anda memiliki izin dari orang yang ingin Anda pantau, Anda juga dapat melakukan panggilan video atau audio di WhatsApp untuk memantau aktivitas orang tersebut.

Melakukan panggilan video atau audio dapat memberikan gambaran tentang orang tersebut sedang melakukan apa di saat itu. Namun, ini juga membutuhkan waktu dan biaya data yang cukup besar.

BACA JUGA  Mengapa WhatsApp Selalu Diperbarui?

6. Menanyakan secara Langsung

Langkah terakhir yang sebaiknya diambil adalah dengan menanyakan secara langsung kepada orang yang ingin Anda pantau tentang aktivitas mereka di WhatsApp. Banyak masalah dapat dihindari jika Anda berbicara secara terbuka dan jujur dengan orang tersebut.

Jangan lupa untuk menjaga sopan santun dan memberikan alasan yang jelas tentang mengapa Anda ingin memantau aktivitas mereka di WhatsApp. Ini bisa membuat orang tersebut merasa lebih nyaman dan memberikan Anda akses yang diizinkan.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar