Cara Mengosongkan Penyimpanan di iPhone

Made Santika

Jika penyimpanan di perangkat iOS Anda hampir penuh, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membebaskan ruang pada iPhone atau iPad Anda:

  1. Periksa Penggunaan Total
    Pertama, periksa berapa banyak ruang yang Anda miliki. Buka Settings > General > [Device] Storage. Di bagian atas, Anda akan melihat grafik batang berwarna yang menunjukkan berapa banyak ruang yang digunakan oleh kategori aplikasi tertentu pada perangkat Anda. Untuk memperbarui iOS, Anda biasanya memerlukan setidaknya 6GB ruang kosong. Namun, karena iOS 17 memiliki bug penyimpanan yang tampaknya belum diperbaiki, sebaiknya Anda memiliki setidaknya 10GB ruang kosong. Jika Anda hanya ingin memiliki cukup ruang kosong untuk mengambil foto baru dan menginstal aplikasi baru tanpa khawatir terhalang, berikan diri Anda setidaknya 2GB ruang kosong. Perlu dicatat bahwa ketika Anda menjumlahkan ruang yang tersedia dan ruang yang digunakan, jumlahnya tidak akan sama dengan ukuran total penyimpanan telepon Anda, karena tidak memperhitungkan ruang yang digunakan oleh sistem operasi.

  2. Temukan Aplikasi yang Menggunakan Banyak Ruang
    Gulir ke bawah di bawah Storage, dan Anda akan melihat daftar semua aplikasi Anda, diurutkan berdasarkan berapa banyak ruang yang mereka gunakan. Pilih aplikasi apa pun, dan Anda akan melihat penggunaan dalam dua bagian: jumlah ruang yang digunakan oleh aplikasi itu sendiri (berwarna abu-abu muda di bagian atas) dan ruang yang digunakan oleh data dan dokumen aplikasi. Terkadang, informasi ini membantu Anda melihat bahwa bukan aplikasi yang memakan ruang, melainkan apa yang Anda simpan di dalamnya. Misalnya, foto dan pesan mungkin memakan banyak ruang.

  3. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan
    Cari aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan. Ketuk aplikasi tersebut dan pilih Delete App. Aplikasi yang dibeli selalu dapat diunduh kembali tanpa biaya tambahan dari App Store.

  4. Nonaktifkan Aplikasi Sementara
    Jika Anda ingin menonaktifkan sementara aplikasi tanpa menghapus pengaturannya, misalnya ketika Anda perlu membebaskan ruang untuk menginstal pembaruan iOS, Apple memungkinkan Anda untuk menonaktifkannya. Buka Settings, lalu ketuk General dan iPhone Storage. Aktifkan opsi Offload Unused Apps.

BACA JUGA  Mungkinkah Casing iPhone 6 Cocok Digunakan pada iPhone 7? - Perbandingan dan Rekomendasi Casing Terbaik untuk iPhone 7

Semoga tips ini membantu Anda mengelola ruang penyimpanan di perangkat iOS Anda! ๐Ÿ˜Š

Baca Juga

Bagikan: