Apa Itu "Protect Battery" pada Ponsel Samsung dan Apakah Anda Harus Menggunakannya?

Rendra

Protect Battery adalah fitur yang ada pada ponsel Samsung yang membatasi kapasitas baterai hingga 85% untuk memperpanjang masa pakai baterai. Dengan mengurangi kerusakan akibat pengisian daya dan melindungi dari suhu dan tegangan tinggi, Protect Battery membantu memaksimalkan kinerja baterai.

Semua ponsel pintar memiliki baterai lithium-ion dengan masa pakai tertentu, diukur dalam jumlah siklus pengisian daya/pengosongan penuh sebelum mulai mengalami degradasi. Rata-rata masa pakai baterai Li-ion biasa adalah sekitar 300 hingga 500 siklus pengisian daya, atau sekitar dua hingga tiga tahun. Jika Anda ingin mempertahankan ponsel Anda dalam jangka waktu yang lebih lama, fitur Protect Battery dari Samsung dapat membantu memperpanjang umur baterai.

Apa Itu Protect Battery?
Protect Battery adalah sistem manajemen baterai (BMS) yang disertakan dalam ponsel Samsung yang menjalankan One UI 4.0 (Android 12) atau yang lebih tinggi. Fitur ini bekerja dengan membatasi pengisian daya maksimum baterai hingga 85% untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana membatasi kapasitas baterai dapat meningkatkan masa pakainya. Namun, ilmu di balik fitur Protect Battery sebenarnya cukup masuk akal. Mari kita jelaskan apa itu siklus pengisian daya yang lengkap. Siklus ini mencakup pengisian daya hingga 100% dan kemudian pengosongan hingga 0%. Setelah baterai Anda melewati satu siklus pengisian daya, baterai tersebut digunakan dan tidak akan kembali. Ini bukan karena adanya cacat desain jahat dalam teknologi baterai, melainkan karena itulah cara semua baterai isi ulang bekerja. Siklus pengisian daya dijelaskan lebih lanjut dalam panduan kami tentang memeriksa jumlah siklus baterai pada iPhone Anda.

Lalu, bagaimana Protect Battery membantu? Meskipun benar bahwa Anda tidak dapat mengontrol siklus pengisian daya dan siklus lengkap akan berlalu selama Anda menggunakan ponsel dan mengisi ulang baterai, ada tingkat tertentu di mana lebih efisien dan lebih aman untuk mengisi baterai Anda. Dengan membatasi pengisian hingga 85%, Protect Battery mengurangi kerusakan akibat pengisian daya dan memaksimalkan kinerja. Dengan kata lain, fitur ini menghentikan proses pengisian segera setelah mencapai tahap di mana baterai Anda kemungkinan besar akan mengalami degradasi. Selain itu, fitur ini juga melindungi baterai dari suhu tinggi dan tegangan tinggi akibat pengisian daya penuh, dua hal yang sering merugikan baterai Li-ion.

BACA JUGA  5 Cara Ampuh Membuka Handphone Samsung Galaxy Young yang Terkunci

Cara Menggunakan Protect Battery
Ada dua cara utama untuk menggunakan Protect Battery pada ponsel Samsung Anda. Yang pertama adalah yang paling mudah. Cari tombol Protect Battery dengan menarik ke bawah pada bilah status. Geser ke bawah lagi untuk mengungkapkan Panel Pengaturan Cepat. Protect Battery harus menjadi salah satu ikon yang ditampilkan di salah satu bagian Panel tersebut.

Jadi, apakah Anda harus menggunakannya? Keputusan untuk mengaktifkan Protect Battery tergantung pada apakah Anda lebih memprioritaskan masa pakai baterai yang lebih lama atau memaksimalkan kapasitas daya ponsel Anda. Semoga informasi ini membantu Anda memahami lebih lanjut tentang fitur Protect Battery pada ponsel Samsung! ๐Ÿ˜Š

: Sumber

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar