Cara Menghubungkan Novation Launch Control XL ke Mac

Nicko Yusu

Novation Launch Control XL adalah kontroler MIDI yang sangat berguna untuk mengontrol perangkat lunak musik, termasuk Ableton Live. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghubungkan Launch Control XL ke Mac:

  1. Hubungkan ke Port USB: Sambungkan kabel USB dari Launch Control XL ke port USB pada Mac Anda.

  2. Instal Driver (Jika Diperlukan): Pada umumnya, Mac akan secara otomatis mengenali Launch Control XL sebagai perangkat MIDI. Namun, jika diperlukan, instal driver atau perangkat lunak pendukung yang disediakan oleh Novation.

  3. Buka Perangkat Lunak Musik Anda: Buka perangkat lunak musik yang ingin Anda kendalikan dengan Launch Control XL. Misalnya, jika Anda menggunakan Ableton Live, buka Ableton Live di Mac Anda.

  4. Konfigurasi MIDI: Di dalam perangkat lunak musik, masuk ke pengaturan MIDI. Pilih Launch Control XL sebagai perangkat MIDI input dan output. Pastikan pengaturan MIDI sesuai dengan preferensi Anda.

  5. Map Kontrol: Setelah Launch Control XL terhubung, Anda dapat memetakan kontrol pada perangkat ini ke parameter dalam perangkat lunak musik. Misalnya, Anda dapat menghubungkan knob pada Launch Control XL ke pengaturan volume atau efek dalam Ableton Live.

  6. Simpan Pengaturan: Setelah memetakan kontrol, simpan pengaturan Anda. Anda mungkin ingin membuat preset khusus untuk penggunaan dengan Launch Control XL.

  7. Mulai Menggunakan: Sekarang Anda dapat mengontrol perangkat lunak musik Anda menggunakan Launch Control XL. Nikmati fleksibilitas dan kreativitas yang ditawarkan oleh kontroler ini!

Ingatlah bahwa setiap perangkat lunak mungkin memiliki langkah-langkah konfigurasi yang sedikit berbeda, jadi pastikan untuk merujuk pada dokumentasi resmi dari perangkat lunak yang Anda gunakan. Semoga berhasil! ๐ŸŽน๐Ÿš€

: Getting started with Launch Control XL on Mac – Novation
: Using Launch Control XL With Circuit – Novation
: Novation Launch Control Xl Ableton tutorial – connect, setup … – Remotify

BACA JUGA  Kenapa Kartu XL 4G Lemot? Penyebab, Solusi, dan Perbandingan dengan Provider Lain

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Nicko Yusu

Nicko Yusu adalah penulis dan penggemar teknologi yang menulis tentang berbagai perangkat dan teknologi terbaru, dan membantu pembaca memahami pengaruh teknologi pada hidup mereka melalui pandangan dan pengalaman pribadinya.

Tinggalkan komentar