Samsung: Inovasi Tanpa Henti

Made Santika

Samsung, sebuah nama yang telah menjadi sinonim dengan inovasi dan kemajuan teknologi, memulai perjalanannya sebagai sebuah perusahaan perdagangan kecil di Daegu, Korea Jepang pada tahun 1938. Didirikan oleh Lee Byung-chul, Samsung telah berkembang menjadi konglomerat multinasional yang memiliki pengaruh signifikan di berbagai sektor industri, mulai dari elektronik konsumen hingga pembuatan kapal.

Sejarah dan Pertumbuhan

Dalam tiga dekade pertama, Samsung berekspansi ke berbagai bidang seperti pemrosesan makanan, tekstil, asuransi, sekuritas, dan ritel. Namun, adalah langkah mereka ke industri elektronik pada akhir dekade 1960-an yang menandai awal dari era baru pertumbuhan dan inovasi. Pasca kematian pendiri pada tahun 1987, Samsung dipisah menjadi empat grup bisnis yang berbeda, namun tetap setia pada prinsip inti yang telah membentuk dasar kesuksesan mereka.

Filosofi dan Nilai Inti

Filosofi perusahaan Samsung adalah sederhana namun kuat: mendedikasikan talenta dan teknologi untuk menciptakan produk dan layanan superior yang berkontribusi pada masyarakat global. Dengan penekanan kuat pada sumber daya manusia dan teknologi, Samsung percaya bahwa mewujudkan nilai-nilai yang kuat adalah kunci untuk bisnis yang baik.

Inovasi dan Teknologi

Samsung tidak hanya dikenal sebagai produsen besar komponen elektronik seperti baterai ion litium dan semikonduktor tetapi juga sebagai pemimpin dalam industri semikonduktor memori, TV, dan ponsel pintar. Dengan komitmen untuk inovasi yang berkelanjutan, Samsung terus menetapkan standar dalam industri teknologi informasi.

Komitmen Sosial

Samsung juga menyatakan visi CSR barunya: "Together for Tomorrow! Enabling People", menguraikan komitmen perusahaan sebagai warga korporat global. Ini mencerminkan dedikasi Samsung untuk tidak hanya memimpin dalam inovasi tetapi juga dalam tanggung jawab sosial korporat.

BACA JUGA  Samsung Tahan Air: Inovasi Teknologi untuk Kehidupan Sehari-hari

Samsung terus merangkul tantangan baru untuk mempertahankan warisan inovatifnya sambil mempersiapkan masa depan yang lebih cerah bagi semua.
.

Baca Juga

Bagikan: