Instagram Story menjadi salah satu media sosial yang populer saat ini, khususnya dalam mengembangkan branding atau memasarkan produk. Ada berbagai cara untuk mengukur performa akun Instagram Anda, salah satunya adalah dengan mencari tahu arti dari "impressions" pada setiap story yang Anda buat. Apa sebenarnya arti dari impressions pada Instagram Story? Dan mengapa itu penting untuk Anda ketahui? Berikut penjelasannya secara detail.
Definisi Impressions pada Instagram
Impressions pada Instagram Story adalah jumlah total dari setiap kali story Anda dilihat oleh orang. Bahasa lain, impressions adalah jumlah total tayangan atau view dari setiap orang yang melihat story tersebut.
Jangan sampai Anda bingung antara impressions dan reach. Reach merupakan jumlah orang yang unik melihat story Anda, sedangkan impressions bisa terjadi bebrapa kali, bahkan oleh satu orang yang sama.
Perbedaan Impressions dan Reach pada Instagram Story
Perbedaan paling jelas antara impressions dan reach adalah pada kasus seorang pengguna yang melihat story Anda sebanyak dua kali. Jika mereka melihat story Anda sebanyak dua kali, itu akan diperhitungkan sebagai dua impressions, namun hanya akan dihitung sebagai satu reach.
Kurangnya pengetahuan mengenai perbedaan antara impressions dan reach dapat membawa konsekuensi yang cukup signifikan. Salah satu keuntungan mengetahui istilah ini yaitu Anda dapat memperhitungkan dengan tepat performa dari story yang Anda upload.
Pengukuran Impressions pada Instagram
Pada Instagram, setiap kali ada orang yang melihat story Anda, itu dihitung sebagai satu impressions. Anda perlu mengetahui bahwa angka impresi tidak ada hubungannya dengan perkiraan jumlah orang unik yang telah melihat story Anda. Bahkan jika total angka impressions tinggi, namun kadang-kadang hanya dalam satu jumlah yang sama orang itu melihat story Anda secara berkali-kali.
Keperluan informasi impresi ini sangatlah penting dan akan membawa pengaruh besar ke dalam sebuah kerjasama dalam media sosial marketing. Dalam hal ini, Anda akan tahu berapa banyak engagement rate yang Anda peroleh dari sebuah tayangan story. Dengan memperhitungkan jumlah impressions, Anda juga dapat menentukan apakah metode Instagram marketing Anda efektif atau tidak.
Tips Meningkatkan Impressions pada Instagram Story
Meningkatkan jumlah impressions pada story Instagram membutuhkan waktu, ketekunan, dan kreativitas. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan impressions pada Instagram Story Anda:
-
Pilihlah waktu yang tepat saat upload story, setidaknya di tiga slot waktu yang berbeda. Hal ini akan menambah kemungkinan story Anda terlihat banyak orang.
-
Buat konten yang menarik. Sortir ide kreatif dengan memberikan informasi yang bermanfaat, memesan perhatian dengan konten pilihan pribadi, atau dengan menggunakan animasi menarik.
-
Gunakan hashtag saat publish story.
-
Gunakan fitur poll, quiz, atau question untuk berinteraksi dengan audience.
-
Jadilah konsisten dengan konten Anda. Jangan terlalu sering mempublish satu tema yang sama, namun tetap gunakan efek yang sama seperti mp3, font, atau warna sebagai signature khusus Anda.
Nah, itulah penjelasan mengenai arti dari impressions pada Instagram Story dan mengapa itu penting untuk diketahui. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan engagement rate pada Instagram Story Anda!