Kenapa Posting di Instagram Tidak Menjamin Peringkat Tinggi: Strategi Konten yang Harus Dicoba

Nicko Yusu

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial paling populer di dunia, dengan jutaan pengguna aktif setiap hari. Namun, meskipun Anda mungkin telah menghabiskan waktu dan usaha untuk membuat konten yang benar-benar bagus dan menarik untuk dilihat, Anda mungkin pertanyaan mengapa konten Anda tidak muncul di bagian atas semua feed yang membantu Anda menjangkau banyak pengguna. Faktanya, algoritme Instagram telah diubah selama bertahun-tahun untuk lebih mempertimbangkan apa yang dibagikan pengguna, sehingga membuat peringkat hingga menghilangkan waktu sebagai patokan standar. Jadi, mengapa posting di Instagram tidak lagi berdasarkan waktu? Dan apa yang harus dilakukan pengguna untuk meningkatkan peringkat konten mereka di Instagram?

Algoritme Instagram

Instagram menggunakan algoritme untuk menampilkan konten yang paling relevan dan menarik bagi setiap pengguna. Jadilah posting yang dipandu oleh algoritme yang lebih terfokus pada peringkat konten daripada pada waktu posting. Algoritme mempertimbangkan faktor seperti keterlibatan foto atau video, jumlah tampilan dan klik, jumlah like dan komen, lamanya waktu si pengguna dalam menggunakan aplikasi, bagaimana konten tersebut berinteraksi dengan pengguna lain di platform ini, dan sejumlah faktor lainnya. Secara sederhana, konten yang lebih menarik dan lebih disukai membuatnya lebih banyak diekspos, mudah ditemukan pengguna dan dimasukkan ke dalam algoritme peringkat di Instagram.

Siapa yang naik peringkat di Instagram?

Konten yang memiliki interaksi lebih tinggi dan lebih banyak seperti komentar dan penyimpanan akan dipandang lebih relevan oleh algoritme Instagram. Akun Instagram yang bekerja keras menciptakan konten yang menarik dan mengeksposkan diri dengan keterlibatan followers yang positif memiliki kemungkinan yang lebih besar ditemukan dan dipandu ke peringkat pengguna Instagram. Saat Instagram sedang mempertimbangkan perubahan, seringkali para pengguna mengalami penurunan pengikut, kurang interaksi, dan bahkan kehilangan ali terendah. Ini menandakan bahwa perubahan di platform Instagram selalu ada dan pengguna harus tetap siap dan menggunakan strategi konten yang tepat.

BACA JUGA  Bagaimana Hashtag Muncul di Pencarian Instagram

Peringkat Instagram sangat penting bagi akun brand dan juga influencer karena dapat mempengaruhi bahkan memutuskan kesuksesan mereka sejauh mana postingan dapat diakses dan ditemukan oleh pengikut baru di Instagram.

Strategi Konten Instagram

Maka untuk dapat menjangkau pengguna Instagram dalam jumlah yang lebih banyak, berikut adalah beberapa strategi konten yang harus dicoba!

1. Berkolaborasi dengan influencer

Seorang influencer adalah seseorang yang menjadi panutan pengguna Instagram dan memiliki pengikut yang besar. Berkolaborasi dengan influencer untuk mempromosikan produk atau layanan Anda di akun mereka pada dasarnya bukan hanya akan membantu meningkatkan eksposur, melainkan akan meningkatkan keterlibatan dan interaksi dengan pengikut tersebut yang memastikan kesuksesan posting Anda.

2. Menambahkan Hashtags yang Relevan

Penambahan tagar (hashtag) yang relevan akan membantu postingan Anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna. Cobalah untuk mengelompokkan tagar sesuai dengan target pasar. Dalam target penonton, pastikan menggunakan hashtag yang berkaitan dengan konten. Salah menambahkan tagar mempengaruhi keterlibatan followers terhadap akun yang memposting.

3. Gunakan Video di Postingan Anda

Instagram Video telah menjadi salah satu fitur paling populer di platform ini karena bisa menjaga pengguna menonton selama beberapa detik hingga waktu yang lebih lama. Karena video Instagram dapat memiliki durasi hingga 60 detik, akun dapat lebih kreatif untuk menampilkan produk dan menarik calon pembeli.

4. Lebih Aktif Berinteraksi

Pastikan akun aktif membalas komentar dan memberikan tanggapan positif ketika followers memberikan komentar pada postingan. Likers, komen, dan share dapat meningkatkan keterlibatan dan ditemukan oleh pengguna baru di Instagram.

Namun, juga tidak perlu khawatir jikapun strategi konten tersebut belum menghasilkan keterlibatan pengguna yang tinggi dalam jangka waktu waktu tertentu. Algoritma Instagram berubah secara teratur, jadi jangan ragu untuk terus mencoba strategi baru. Lakukan eksperimen dengan jenis postingan, melakukan kolaborasi dan waktu posting untuk mendapatkan peringkat tertinggi di Instagram.

BACA JUGA  Apa Maksud Action Blocked Di Instagram

FAQ

  1. Apa yang dimaksud dengan algoritme Instagram?
    Algoritme Instagram adalah program komputer yang digunakan untuk menampilkan konten yang menarik dan relevan bagi pengguna. Algoritme ini mempertimbangkan faktor seperti keterlibatan, jumlah tampilan, jumlah like dan comments, waktu, interaksi dengan pengguna lain dan banyak hal lainnya.

  2. Bagaimana algoritme Instagram menentukan peringkat konten?
    Algoritme Instagram mempertimbangkan faktor seperti engagement rate aka tingkat interaksi, penggunaan tagar yang relevan, tiap postingan dengan jenis konten yang berbeda dan seberapa dikenal akun dan pengikut yang lain.

  3. Apa yang harus dilakukan jika postingan di Instagram sulit dijangkau orang lain?
    Konten harus menarik dan berkualitas dengan melakukan eksplorasi strategi konten Instagram, menggunakan tagar yang relevan, bertindak aktif pada komentar dan membalas respons follower.

Dengan memahami hal-hal yang dipertimbangkan oleh algoritme Instagram dan mengetahui strategi konten yang tepat, pengguna akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mencapai peringkat tertinggi di Instagram dan menjangkau pengguna yang lebih banyak lagi dari sebelumnya. Jangan ragu untuk melakukan eksperimen dengan strategi konten baru dan menjadi lebih aktif di platform ini!

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Nicko Yusu

Nicko Yusu adalah penulis dan penggemar teknologi yang menulis tentang berbagai perangkat dan teknologi terbaru, dan membantu pembaca memahami pengaruh teknologi pada hidup mereka melalui pandangan dan pengalaman pribadinya.

Tinggalkan komentar