Apakah Menutup dan Membuka Laptop Terlalu Sering Dapat Merusaknya?

Ardiyansah Purnomo

Anda mungkin pernah mendengar bahwa menutup dan membuka laptop terlalu sering dapat merusaknya. Merupakan perdebatan yang sudah berlangsung cukup lama, sehingga beberapa orang menghindari melakukan itu sementara yang lain tidak terlalu mempermasalahkannya.

Namun, apakah ini masalah nyata? Mari kita simak faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kerusakan pada laptop akibat sering dibuka dan ditutup.

Faktor-faktor yang berpotensi merusak laptop

1. Komponen yang lemah

Ketika membeli laptop baru, Anda akan diberi tahu untuk menjaganya dengan baik, khususnya dalam hal menutup dan membuka layar. Ini karena komponen yang lebih lemah dapat dengan mudah rusak jika ditekan terlalu keras atau terlalu sering.

2. Kelembaban

Kelembaban lebih tinggi dalam lingkungan Anda dapat menyebabkan korosi pada bagian dalam laptop Anda. Dan, jika laptop Anda sering terbuka dan tertutup, maka ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya korosi.

3. Magneet

Laptop terbaru mungkin tidak memiliki bagian magnetik, namun beberapa model sebelumnya dan juga beberapa laptop bisnis masih memilikinya. Tekanan konstan pada magnet dapat menyebabkan kerusakan pada hard drive dalam laptop.

4. Kekuatan

Semakin besar tekanan yang diberikan ketika menutup dan membuka laptop, semakin besar kemungkinannya untuk menimbulkan kerusakan pada layar, bahkan bisa merusak sambungan kabelnya.

Tips untuk menghindari kerusakan

Berikut beberapa tips untuk membantu Anda menghindari kerusakan pada laptop saat menggunakannya.

  • Jangan pernah menyeret atau menjatuhkan laptop, bahkan jika Anda terburu-buru
  • Selalu pastikan laptop solid ketika Anda menutup & membukanya.
  • Hapus debu dan kotoran secara teratur untuk memastikan sirkulasi udara yang baik.
  • Jangan selalu meninggalkan layar laptop dalam keadaan terbuka selama berjam-jam.
  • Hindari kelembaban yang berlebihan, jika memungkinkan.
BACA JUGA  Kenapa Ada Bayangan di Icon Laptop: Penjelasan, Dampak, dan Solusi

Kesimpulan

Menutup dan membuka laptop terlalu sering dapat memperburuk ketahanan komponennya jika terus menerus ditekan dengan keras. Karenanya, penting untuk merawat laptop Anda dengan baik supaya tahan lama. Rajin-rajinlah membersihkan debu dan dudukkan laptop dengan benar agar dapat bertahan lebih lama dan membuatmu puas.

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar