Apakah Laptop dengan Power Brick yang Lebih Besar Aman?

Septiadi Andrianto

Saat ini, membeli laptop gaming atau laptop kreator kelas atas seringkali berarti mendapatkan kabel daya yang besar, canggung, dan terkadang khusus. Kabel daya ini biasanya berakhir dengan konektor "barrel" yang masuk ke komputer Anda dan memakan sumber daya pendinginan atau I/O yang berharga. Konektor barrel ini dapat bervariasi dalam ukuran, kadang-kadang untuk mencegah ketidakcocokan antara brick 18V dengan laptop 19V, dan kadang-kadang hanya karena pilihan produsen. Namun, ini menyebabkan masalah kompatibilitas. Bayangkan Anda pergi berlibur dan membuka laptop untuk streaming film, hanya untuk menyadari bahwa Anda meninggalkan charger di rumah. Kecuali ada seseorang yang datang bersama Anda yang memiliki charger yang kompatibel, Anda harus menunggu sekitar 8 jam hingga laptop Anda menjadi benda mahal yang tidak berguna. Anda bisa membeli pengganti, entah itu yang sesuai dengan charger lama Anda atau adapter universal yang kebetulan memiliki konektor yang Anda butuhkan, tetapi kemudian Anda akan memiliki charger kedua yang sebenarnya hanya Anda butuhkan sekali. Dengan USB-C 240W, kita dapat mengurangi kebutuhan akan konektor khusus dan plastik yang diperlukan untuk adapter universal . Selain itu, USB-C memungkinkan transmisi data. Meskipun laptop dengan satu port untuk pengisian daya dan data terlihat minimalis, mengintegrasikan pengisian daya ke salah satu atau lebih port pengisian daya berarti lebih banyak area untuk pembuangan panas. Port 20Gb 240W dan 40Gb 240W juga dapat digunakan untuk dongle ethernet, HDMI, port USB C/A tambahan, dan perangkat antarmuka komputer lainnya. Meskipun dongle tidak cocok untuk semua orang, mereka dapat memberikan cara untuk meningkatkan area ventilasi tanpa mengorbankan terlalu banyak I/O.

Tentang "brick" daya yang besar, biasanya tidak diinginkan jika diletakkan di sebelah laptop. Ukurannya besar, canggung, menghalangi, dan kabel-kabelnya mengacaukan meja. Namun, karena USB-C dapat mentransmisikan daya DAN data, konektor ini bisa menjadi tempat yang sempurna untuk dongle .

BACA JUGA  Panduan Lengkap: Cara Mendownload Instagram di Laptop

Namun, perlu diingat bahwa menghubungkan laptop secara terus-menerus ke brick daya dapat memperpendek umur baterai. Baterai lithium-ion yang digunakan pada sebagian besar laptop modern mengalami degradasi seiring waktu . Oleh karena itu, sebaiknya kita tetap memperhatikan kesehatan baterai saat menggunakan laptop.

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Septiadi Andrianto

Septiadi Andrianto adalah penulis dan konsultan teknologi yang berpengalaman dalam mengulas gadget dan perangkat teknologi terbaru, memberikan tips dan trik untuk memanfaatkan teknologi secara efektif dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Melalui blognya, ia membantu pembaca memahami cara menggunakan teknologi dengan lebih baik dan mencapai tujuan mereka.

Tinggalkan komentar