Apa Itu WhatsApp Status dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Ardiyansah Purnomo

WhatsApp Status adalah fitur yang sering kali kurang dimanfaatkan. Pada tahun 2017, WhatsApp mengubah fitur Status agar lebih mirip dengan Snapchat dan Instagram Stories. Meskipun terlihat seperti kloningan Snapchat, ada banyak hal yang membuat fitur ini berguna.

Apa Itu WhatsApp Status?

WhatsApp Status memungkinkan Anda membagikan pembaruan status yang akan hilang setelah 24 jam. Anda dapat berbagi foto, video, teks, tautan, dan GIF. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan Instagram Stories, Anda akan dengan mudah mengerti cara melihat status teman dan memperbarui status Anda sendiri.

Secara default, WhatsApp Status hanya aktif antara dua pengguna yang memiliki nomor kontak satu sama lain di buku alamat masing-masing. Jadi, jika Anda tidak memiliki nomor seseorang di kontak Anda, mereka tidak dapat melihat pesan status Anda.

Bagaimana Cara Melihat Status WhatsApp Orang Lain?

  1. Pada Android: Ketuk tab "Status" di bagian atas untuk membuka bagian pembaruan status WhatsApp.
    Pada iPhone: Anda akan menemukan tab "Status" di bagian bawah aplikasi.
  2. Di bawah judul "Pembaruan Terbaru", Anda akan melihat daftar status yang tersedia dari kontak Anda. Ketuk nama untuk memutar pembaruan mereka. Foto atau video akan diputar secara otomatis. Jika itu adalah foto, akan tetap muncul beberapa detik sebelum aplikasi menampilkan status berikutnya dari kontak yang sama (jika mereka telah memposting lebih dari satu pembaruan).
  3. Setelah Anda melihat semua pembaruan dari kontak tersebut, Anda akan diarahkan ke pembaruan status dari kontak berikutnya yang memposting. Jika Anda merasa foto menghilang terlalu cepat, Anda dapat kembali ke layar Status dan melihat pembaruan lagi—atau Anda dapat mengetuk dan tahan layar untuk menghentikan status. Ini juga akan membuat nama pengguna menghilang.
  4. Alternatifnya, ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas untuk menghentikan status. Ini memberi Anda waktu yang cukup untuk mengambil tangkapan layar di iPhone atau perangkat Android. Ini juga memberi Anda opsi untuk mematikan suara, mengirim pesan, melakukan panggilan suara atau video, atau melihat kontak Anda. Ketuk sisi kanan layar untuk beralih ke status berikutnya. Jika Anda ingin melompat ke status kontak berikutnya, geser ke kiri.
BACA JUGA  Apa Itu Bola Hitam WhatsApp: Fitur Tersembunyi yang Perlu Kamu Ketahui

Bagaimana Cara Menanggapi Status WhatsApp?

Jika Anda menemukan status yang menarik, cukup geser ke atas untuk membalas. Anda dapat mengirim pesan teks atau suara, gambar, video, GIF, stiker, atau lampiran sebagai balasan. Menambahkan lampiran memungkinkan Anda mengirim dokumen, gambar, file audio, lokasi, kontak, atau jajak pendapat. Dan tentu saja, Anda dapat menggunakan emoji untuk mengekspresikan diri lebih baik.

Bagaimana Cara Memposting Foto dan Video di WhatsApp Status?

  1. Buka bagian Status dan ketuk "My status". Ini akan membuka tampilan kamera.
  2. Jika Anda ingin mengambil foto, ketuk tombol rana. Untuk merekam video, beralih ke tab Video sebelum mengetuk tombol yang sama.

Sekarang Anda tahu cara menggunakan WhatsApp Status dengan lebih baik! 📸🎥

Baca Juga

Bagikan:

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo

Ardiyansah Purnomo adalah penulis dan ahli teknologi yang mengulas gadget dengan pengalaman luas dan pengetahuan mendalam tentang tren industri. Melalui tulisan-tulisannya, ia membantu pembaca memilih gadget yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan komentar