Cara Menyimpan Dokumen sebagai PDF di iPhone

Rendra

Pengantar
Ada banyak cara mengejutkan untuk bekerja dengan file PDF di iPhone dan iPad. Langkah pertama adalah memahami bagaimana mendapatkan file PDF di perangkat Anda dan mengonversi berkas menjadi dokumen PDF. Meskipun tidak seintuitif yang seharusnya, saya akan membimbing Anda melalui langkah-langkah untuk menyimpan PDF di iPhone dan iPad.

Bagaimana Mengunduh PDF di iPhone & iPad

Sebelum Anda dapat melihat, berbagi, atau mengedit PDF di iPhone atau iPad, pastikan dokumen tersebut ada di perangkat Anda. Saya juga akan mengajarkan cara menyimpan foto dan jenis file lainnya sebagai dokumen PDF di ponsel Anda. Jika Anda ingin menyimpannya ke drive USB, lihat artikel kami tentang cara aman melepaskan USB dari Mac Anda.

  1. Buka aplikasi yang berisi dokumen PDF. Sebagai contoh, saya akan menggunakan email dari aplikasi Mail. Jika Anda menggunakan aplikasi Gmail, Anda mungkin tidak dapat mengunduh PDF, dan Anda perlu mengatur alamat email Anda di aplikasi Mail untuk melakukannya.
  2. Ketuk untuk mengunduh lampiran. Setelah Anda melihat logo PDF, ketuk lagi untuk membukanya. Berkas akan terbuka langsung di aplikasi Files.

Cara Menyimpan Berkas sebagai PDF di iPhone & iPad

Sebagian besar berkas di aplikasi Files dapat disimpan sebagai file PDF, baik itu dokumen teks atau gambar. Anda juga dapat menyimpan foto apa pun dari aplikasi Foto sebagai dokumen PDF. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka berkas yang ingin Anda konversi menjadi dokumen PDF. Sebagai contoh, saya akan memilih foto dari aplikasi Foto, tetapi langkah-langkahnya sama untuk semua jenis berkas.
  2. Ketuk ikon Berbagi (Share).
  3. Pilih Cetak (Print).
  4. Ketuk Cetak lagi.
  5. Anda akan melihat bahwa berkas sekarang menjadi dokumen PDF. Dari sini, Anda dapat berbagi langsung melalui aplikasi lain.
  6. Ketuk Simpan ke Files untuk menyimpannya di iPhone atau iPad sebagai dokumen PDF. Anda dapat memilih folder yang ada atau membuat yang baru, atau cukup ketuk Simpan, dan berkas akan disimpan di lokasi default di aplikasi Files. Jika Anda pernah melakukan ini sebelumnya, Anda mungkin perlu mengganti nama untuk menghindari menimpa berkas yang sudah ada.
  7. Ketuk teks pada gambar. Ketuk Selesai setelah memberi nama.
  8. Ketuk Simpan.
BACA JUGA  Cara Memblock Pesan dari Nomor Tidak Dikenal di iPhone: Panduan Lengkap

Sekarang Anda tahu cara mengubah foto menjadi PDF di iPhone. Apakah Anda ingin tahu cara membuat PDF di iPad? Langkah-langkah di atas berlaku sama untuk iPad. Untuk membuat PDF dari awal menggunakan aplikasi Files, Anda harus mengonversi gambar berukuran halaman putih atau berkas teks. Ada juga aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda melakukan lebih banyak dengan PDF di perangkat Apple Anda.

Tip Pro: Ada banyak cara lain untuk menggunakan aplikasi Files. Pelajari cara memindai dan mengedit dokumen di iPhone menggunakan aplikasi Files di sini.

Cara Menyimpan PDF di iPad

Mengunduh dan menyimpan PDF di iPad sama seperti di iPhone. Namun, lebih mudah mengelola PDF di iPad karena ukuran layarnya yang lebih besar.

Baca Juga

Bagikan: