Mengapa Iklan Mulai Muncul di WhatsApp

Nicko Yusu

WhatsApp, aplikasi perpesanan instan yang dimiliki oleh Meta, telah lama dikenal sebagai platform yang bebas dari iklan. Namun, baru-baru ini, kepala WhatsApp Will Cathcart mengonfirmasi bahwa kemungkinan iklan akan muncul di aplikasi tersebut, tetapi tidak dalam kotak masuk pesan, karena hal itu dapat mengganggu "pengalaman perpesanan". Sebaliknya, iklan mungkin diperkenalkan di Channels, dengan opsi bagi pemilik untuk menampilkannya.

Pada tahun 2018, Meta sempat mempertimbangkan untuk menambahkan iklan ke Status dalam aplikasi. Rencana tersebut adalah untuk memungkinkan pemilik bisnis mengirimkan pesan otomatis kepada pengguna di platform. Namun, Meta mengubah rencana setelah muncul kekhawatiran privasi di antara pengguna yang memilih WhatsApp khususnya karena enkripsi end-to-end-nya.

Meskipun ada pergeseran kembali menuju iklan, WhatsApp tidak berhenti membuat peningkatan pada pengalaman pengguna. Misalnya, Meta mengumumkan dukungan WhatsApp untuk beberapa akun pengguna pada perangkat yang sama pada Oktober 2023. Dukungan passkey juga diterapkan bagi mereka yang ingin meningkatkan keamanan akun. Dalam hal perpesanan, lebih banyak opsi format teks diperkenalkan, memungkinkan penggunaan blok kode. Catatan suara yang menghilang sendiri juga diluncurkan, dan WhatsApp mencatat bahwa mereka sedang mengerjakan dukungan pesan suara untuk Channels.

Channels adalah fitur yang lebih baru di WhatsApp. Fitur ini mulai muncul secara luas bagi pengguna pada September 2023 sebagai cara untuk memberikan orang cara untuk menyiarkan pesan ke audiens yang lebih luas. Sejak itu, Meta telah membuat pembaruan pada Channels untuk mengembangkan pengalaman pengguna yang lebih interaktif — dan penyebaran iklan oleh pemilik Channel dapat mempengaruhi ini di masa depan.

BACA JUGA  WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di Ponsel Android? Ini Solusinya!

Baca Juga

Bagikan:

Avatar photo

Nicko Yusu

Nicko Yusu adalah penulis dan penggemar teknologi yang menulis tentang berbagai perangkat dan teknologi terbaru, dan membantu pembaca memahami pengaruh teknologi pada hidup mereka melalui pandangan dan pengalaman pribadinya.

Tinggalkan komentar