OIS (Optical Image Stabilization) pada Perangkat Samsung

Rendra

Teknologi Optical Image Stabilization (OIS) merupakan salah satu teknologi utama dalam stabilisasi gambar, bersama dengan digital image stabilization (DIS) dan electrical image stabilization (EIS). Ketika mengambil foto dalam kondisi cahaya rendah, kecepatan rana yang rendah diperlukan untuk mengambil lebih banyak cahaya. Namun, foto Anda mungkin menghasilkan motion blur karena tangan yang tidak stabil atau getaran. Di sinilah fungsi stabilisasi gambar berperan untuk membantu Anda mendapatkan gambar yang tajam dan stabil.

Prinsip Kerja OIS

Prinsip kerja OIS dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Sensor giroskop pada ponsel Anda mengirimkan data tentang besarnya guncangan ke Micro Controller Unit (MCU) saat Anda mengambil foto atau video.
  2. MCU mengirimkan sinyal target ke Driver IC untuk memindahkan lensa atau sensor ke arah yang berlawanan dengan kemiringan.
  3. Driver IC menggunakan sinyal target untuk menggerakkan aktuator dalam modul sehingga lensa atau sensor dapat mengkompensasi guncangan.

Jenis OIS

OIS dapat dikelompokkan berdasarkan objek yang bergerak dan cara bergeraknya:

  • Lens Shift OIS: Mengoreksi ketidakstabilan dengan memindahkan lensa ke arah berlawanan dengan kemiringan guncangan.
  • Sensor Shift OIS: Mengoreksi ketidakstabilan dengan memindahkan sensor ke arah berlawanan dengan kemiringan guncangan.
  • Module Tilt OIS: Mengoreksi ketidakstabilan dengan memiringkan lensa dan sensor ke arah berlawanan dengan kemiringan guncangan.

Implementasi OIS pada Kamera Galaxy

Pada kamera Galaxy, sistem OIS melibatkan komponen berikut:

  1. Sensor Giroskop: Sensor giroskop yang digunakan pada ponsel adalah jenis sensor MEMS yang dibuat dalam proses semikonduktor. Sensor ini mengumpulkan data skenario guncangan hingga 6600 kali per detik dan menyediakan informasi ini kepada AP atau OIS MCU.
  2. Operasi OIS (OIS MCU): Chip pengemudi OIS dalam modul kamera menggerakkan lensa atau prisma berdasarkan informasi ketidakstabilan dari sensor giroskop. Kamera sudut lebar pada model Galaxy saat ini menggunakan lens shift OIS, di mana lensa bergerak secara horizontal. Kualitas sinyal gambar lebih stabil karena sensor gambar diikat, dan OIS juga memiliki performa tinggi dan ultra-kompak. Kamera zoom lipat, di mana jalur optik dapat ditekuk untuk meminimalkan "guncangan kamera," menggunakan prism tilt OIS yang memutar prisma untuk mengoreksi ketidakstabilan.
  3. Koreksi OIS pada Video (VDIS+OIS): Video memerlukan stabilisasi 30 hingga 120 frame per detik secara berkelanjutan. Oleh karena itu, stabilisasi OIS didukung oleh Video Digital Image Stabilization (VDIS) untuk mencapai kualitas gambar yang lebih baik.
BACA JUGA  Samsung SideSync: Menghubungkan Smartphone dengan PC

Dengan demikian, OIS pada perangkat Samsung membantu menghasilkan gambar dan video yang lebih tajam dan stabil, terutama dalam situasi ketidakstabilan.

: OIS (Optical Image Stabilization) – Samsung Members
: Samsung To Bring OIS To All Its 2022 Galaxy A Phones – Android Headlines
: Samsung might offer OIS on all Galaxy A series phones next year – XDA Developers
: [All Samsung Galaxy A series devices will have OIS next year, rumor says – GSMArena](https://www.gsmarena.com/all_samsung_gal

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar