Mengapa Menggunakan Markdown?

Rendra

Markdown adalah bahasa markup ringan yang memungkinkan Anda menambahkan elemen pemformatan ke dokumen teks biasa. Diciptakan oleh John Gruber pada tahun 2004, Markdown kini menjadi salah satu bahasa markup paling populer di dunia. Berbeda dengan editor WYSIWYG, menggunakan Markdown memerlukan penambahan sintaks Markdown ke teks untuk menandai kata-kata dan frasa yang ingin diformat. Misalnya, untuk menandai judul, Anda menambahkan tanda pagar sebelumnya (misalnya, # Judul Satu). Atau untuk membuat teks tebal, Anda menambahkan dua tanda asterisk sebelum dan sesudahnya (misalnya, **teks ini tebal**).

Berikut adalah beberapa alasan mengapa orang menggunakan Markdown daripada editor WYSIWYG:

  1. Markdown dapat digunakan untuk segala hal: Orang menggunakan Markdown untuk membuat situs web, dokumen, catatan, buku, presentasi, pesan email, dan dokumentasi teknis.

  2. Markdown portabel: File yang berisi teks berformat Markdown dapat dibuka dengan hampir semua aplikasi. Jika Anda tidak puas dengan aplikasi Markdown yang sedang Anda gunakan, Anda dapat mengimpor file Markdown Anda ke aplikasi Markdown lainnya. Ini berbeda dengan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word yang mengunci konten Anda dalam format file propietari.

  3. Markdown tidak tergantung pada platform: Anda dapat membuat teks berformat Markdown di perangkat apa pun dengan sistem operasi apa pun.

  4. Markdown tahan terhadap masa depan: Bahkan jika aplikasi yang Anda gunakan berhenti berfungsi di masa depan, Anda masih dapat membaca teks berformat Markdown menggunakan aplikasi pengeditan teks .

Jadi, mari kita gunakan Markdown untuk menulis artikel ini! ๐Ÿš€

BACA JUGA  Cara Mudah dan Cepat Melakukan Scan dari Printer Konica Minolta

Baca Juga

Bagikan:

Tinggalkan komentar